Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Lantik Direktur Baru, Ini Kata Direkturnya

SUARAUTAMA, JAKARTA –  Dalam penyegaran suatu lingkungan dan menjaga proses regenerasi di lingkungan Angkatan Laut terutama di bidang Satuan Pendidikan di bawah naungan Yayasan Nala, maka di salah satu perguruan tinggi vokasi kemaritiman, yaitu: Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya melakukan pergantian pimpinan atau Direktur baru yang sebelumnya dipimpin oleh Kolonel Laut (Purn) Bangun Husodo, MM., M.Mar., kepada Kolonel Laut (Purn) Samiyono, SE., M.si., Selasa, (15/03/2022). 

BACA JUGA: AR Learning Center Melahirkan Trainer Lintas Generasi Di Progam CT-ALC Kolaborasi, Usung Gebrakan Konsep Kaderisasi & Keumatan

Selama kurang lebih 4 tahun proses perjalanan kepimpinanan Bapak Bangun Husodo, telah memenuhi target yang sudah dicanangkan oleh pihak Yayasan. Menjalankan operasional pendidikan sesuai persyaratan pendidikan tinggi dan Perhubungan Laut sebagai acuan dalam kegiatannya.

Foto: Pelatihan Sertifikasi C.PW/Suara Utama
Foto: Pelatihan Sertifikasi C.PW/Suara Utama

Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya merupakan perguruan tinggi swasta di bawah naungan Yayasan Nala. Pembinanya langsung berada ditangan Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, SE., MM.  Berdiri sejak 1967, menghasilkan ribuan lulusan yang tersebar di dalam dan luar negeri terutama Pelayaran Niaga, Kepelabuhanan, Kemaritiman, dan bidang Angkutan Laut lainnya.

BACA JUGA: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki Membayar Zakat

“Saya akan meneruskan program–program yang sudah ada, dan terus meningkatkan lulusan dari Taruna/i Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya, agar dapat diterima oleh perusahaan nasional dan internasional di bidang Jasa Angkutan Laut dan Logistik. Program pokok peningkatan kualitas, meliputi:  sarana, prasarana, sumber daya manusia tenaga pendidik, dan kependidikan, agar mampu mengikuti perkembangan zaman saat ini dan dapat meningkatkan peluang kerjasama dengan perusahaan-perusahaan angkutan laut dan sejenisnya, agar lulusan diterima kerja,” kata Bapak Samiyono selaku Direktur baru dalam sambutannya. 

BACA JUGA: Alwas Institute Medan Berhasil Mencetak Paralegal Untuk Mendirikan LBH

Hal ini untuk mendukung program pemerintah sebagai Poros Maritim Dunia diharapkan Akademi Maritim Nasional Jakarta mampu menciptakan sumber daya kemaritiman yang sesuai dengan perkembangan zaman secara global dan berkiprah di kancah internasional, sesuai harapan ketua Pembina Bapak KSAL Laksamana Yudo Margono, SE., MM., sewaktu pidato meresmikan Gedung Baru AMANJAYA di Kelapa Gading, Jakarta Utara, (01/10/2021).

Foto: Pelatihan Sertifikasi C.FR/Suara Utama
Foto: Pelatihan Sertifikasi C.FR/Suara Utama

Peran dari Perguruan Tinggi Maritim sangat penting mengingat lebih dari 2/3 wilayah Indonesia merupakan perairan. Diharapkan lulusannya mampu meningkatkan roda ekonomi di seluruh Indonesia maupun berkarir di luar negeri yang masih sangat kekurangan akan tenaga Pelaut saat ini. Semua pihak terkait berharap Direktur baru mampu membawa perguruan tinggi tersebut mengapai tujuan yang sudah direncanakan oleh Yayasan dan Pembina di dalamnya.

Penulis: Dr. Agung Kwartama, SE., MM., MH.

Editor: Nurana Prasari, SH.