Alwas Institute Medan Berhasil Mencetak Paralegal Untuk Mendirikan LBH

SUARA UTAMA, MEDAN – Alwas Institute Medan, Sumatera Utara baru saja menggelar pelatihan paralegal Sabtu (12/03/22) lalu, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program kerja perkumpulan paralegal Indonesia yang telah disepakati di Jakarta dua bulan lalu.

Hadir dalam pelatihan tersebut karyawan LBH di kota Pematangsiantar dan beberapa mahasiswa fakultas hukum dan fakultas teknik informatika, sebagai trainer praktisi peradilan agama yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Menurut Alimuddin, SHI, MH, CT-ALC, pelatihan paralegal bertujuan untuk mencari bibit unggul calon paralegal. Sengaja direkrut dari mahasiwa dan karyawan LBH agar mereka lebih memahami seluk beluk advokasi secara teori dan praktik.

“Paralegal itu profesi baru di dunia penegakan hukum, terutama mereka yang terbiasa bekerja di lapangan dan berani menghadapi kasus-kasus masyarakat,” tegas Master Trainer of AR Learning Center kepada suarautama.com, Senin (14/03/2022).Lima orang peserta berhasil dilatih dan mereka segera diurus izin paralegal setelah dinyatakan lulus oleh lembaga Alwas Institute, pelatihan selama 4 jam tersebut para peserta diajarkan teknik advokasi dan cara menulis surat kuasa dan menyusun surat gugatan cerai. Kemudian di akhir pelatihan mereka akan diuji pemahaman membuat surat gugatan dari kasus yang telah disampaikan oleh trainer.

Pelatihan Sertifikasi C.IJ AR Learning CenterKetika ditanya, salah seorang peserta bernama Widya antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan paralegal masih langka di kota Medan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Alwas Institute sangat membantu dan bermanfaat.

Editor : Mas Andre Hariyanto