MENGAJAR - Program Genbi Mengajar di desa Terban (foto: Istimewa)

Angkat Potensi Lokal, GenBI Universitas Muria Kudus Adakan Pembinaan di Desa Terban

SUARA UTAMA, Kudus – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan kegiatan pembinaan UMKM di Desa Terban, Jekulo. Tak hanya memberdayakan SDM, melalui kegiatan tersebut GenBI ajak masyarakat untuk mengangkat potensi lokal.

Ketua Acara, Distrima Lawrence Marakanda menjelaskan tujuan dari acara tersebut. “Sejalan dengan tema yang kami angkat, tujuan dari kegiatan ini yakni memberikan inovasi dan edukasi berdasarkan pengamatan kami terhadap potensi Desa Terban,” ujar Distrima saat diwawancara, Sabtu (5/2).

Kegiatan pembinaan UMKM ini sendiri terdiri dari tiga kegiatan utama, yakni kegiatan Green Economy, pembinaan UMKM, dan GenBI mengajar. Pembinaan tersebut akan dilaksanakan sampai bulan Juli mendatang dengan menyasar tiga kelompok masyarakat. Diantaranya kelompok karang taruna, warga tani, serta siswa-siswi SD 3 Terban.

“Desa Terban memiliki keunikan di sektor kuliner, salah satu yang paling khas yakni Kopi Pace. Lewat pembinaan dan pendampingan terkait Kopi pace, diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran serta menjadi peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha,” tambahnya. Selain itu, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Terban GenBI juga mengadakan program Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER).

Distrima berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi warga Desa Terban.“Harapannya, semoga dapat memberikan dampak positif bagi temen-temen yang telah terkoneksi dengan warga Desa Terban, sehingga tali silaturahim tetap terjalin sampai program ini selesai,” tutup mahasiswa jurusan Ilmu Hukum tersebut.