Seminar Bincang Santai bersama Ketum LBH Indonesia Adil Bersatu

SUARA UTAMA, CIREBON – Acara seminar online “bincang santai” dilakukan pada 22 Januari 2022 dalam kegiatan Detik Mahasiswa Hukum (DMH) dengan narasumber adv. H. Hasan Bisri MS, S.Pd.I., S.H., M.H. (Ketua Umum LBH Indonesia Bersatu dan sekaligus Direktur Law Firma HB.MS).

Pada acara tersebut telah dipaparkan dan dibahas mengenai “Peranan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Termarjinalkan”, menurutnya kita sebagai penegak keadilan harusnya menyentuh ke kalangan yang bawah atau bagi masyarakat yang buta hukum dan termarjinalkan harus kita bantu tanpa terkecuali.

BACA JUGA : Forum Anak Desa Beji ‘CORBI’ Kota Batu Rayakan HUT ke – 10

Pada acara seminar tersebut dihadiri dari berbagai daerah dan dari berbagai profesi, baik kalangan advokat, mahasiswa, dan lain sebagainya. Melalui seminar online tersebut banyak kesempatan bagi para peserta untuk bertanya, berdiskusi dan sharing terhadap kenyataan di lapangan. Salah satu peserta seminar yaitu Waftachul Alim, S.Kep., M.H., C.LA-ALC (Kepala Cabang LBH Indonesia Adil Bersatu (LBH IA) Kab. Cirebon) mengatakan bahwa “acara seminar ini penting untuk membuka wawasan dan pengetahuan kita serta melihat dari dalam kenyataan di lapangan terkait masalah hukum. Masyarakat di Indonesia sangat beragam sehingga tidak dipungkiri akan berakibat berurusan dengan masalah hukum dan akan menjadi sebuah peristiwa hukum. Negara kita Indonesia ini menganut asas Equality before the law jadi tidak ada “keistimewaan” dalam hal terkait masalah hukum”. Pungkasnya.

Foto: Adventorial Pelatihan Trainer Lembaga AR Learning Center/Mas Andre Hariyanto
Foto: Adventorial Pelatihan Trainer Lembaga AR Learning Center/Mas Andre Hariyanto

Berbicara masalah hukum sudah jelas persepsi masyarakat hingga saat ini selalu mengungkapkan hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas. Maka dari itu perlunya lembaga bantuan hukum untuk membantu masyarakat dan mengubah persepsi negatif tersebut. Disini peranan penting Lembaga Bantuan Hukum untuk membantu masyarakat lebih diutamakan demi terwujudnya keadilan di masyarakat.

Editor : A. Rahmat