BMKG Wilayah IV Sulawesi Selatan: Peringatan Dini Cuaca 18-20 Januari 2022 

SUARA UTAMA, Makassar – Berdasarkan edaran yang dikeluarkan oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV pada tanggal 17 Januari 2022 perihal cuaca ekstrim yang akan melanda beberapa daerah di Sulawesi Selatan, maka dihimbau kepada seluruh masyarakat agar mempersiapkan diri dalam mengantisipasi cuaca tersebut.

Beberapa daerah yang terdampak hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat akan terjadi di wilayah Kabupaten/Kota Pare-pare, Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Kepulauan Selayar. Adapun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kab. Luwu Utara, Sidenreng Rappang, Pinrang, Bone, Sinjai, Bulukumba dan Bantaeng. Dan potensi Angin kencang di pesisir barat dan timur Sulawesi Selatan. Sebagaimana dilansir oleh suarautama.com, Rabu, (19/01/2022) 

BMKG Sulawesi Selatan meminta masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan dengan Gelombang tinggi Moderate Sea (Gel.1.25-2.5 m) terjadi di perairan Spermonde Pangkep, bagian barat, Spermonde Makassar, Teluk Bone dan beberapa perairan lainnya. 

“Masyarakat dihimbau agar tetap berhati-hati terutama para pengguna jasa transportasi darat/laut/udara terhadap dampak bencana hidrometeorologi pada 3 hari ke depan (18-20 Januari 2022). Beberapa dampak yang timbul adalah potensi banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, keterlambatan jadwal penerbangan maupun pelayaran”, kata BMKG Sulawesi Selatan dalam keterangannya.

Penulis : Musafir, M.H.

Editor: Nurana Prasari, S.H