BPS Kab. Simalungun SUMUT Komitmen Perbarui Data Setiap Tahun

SUARA UTAMA, Pematangsiantar – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara mengadakan acara pembinaan statistik peningkatan kualitas data Kabupaten Simalungun dalam angka tahun 2022 Selasa (15/02/2022) kemarin, acara tersebut diadakan di hotel Sapadia Kota Pematangsiantar.

Kepala BPS Kabupaten Simalungun Marine Sohadi Angkat, S.Si,.M.Si menegaskan, pembinaan bertujuan agar masyarakat memahami data-data statistik yang terus menerus terjadi perubahan.

BACA JUGA : Temukan Bakatmu di SMK Bina Wisata, Alumni: Andre Hariyanto Sebut Sekolah Enterpreneur Terbaik di Blitar

Data-data tersebut diterima oleh BPS setiap tahunnya dari beberapa instansi pemerintah dan swasta terkait. Dalam hal ini, BPS banyak menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan swasta di Provinsi Sumatera Utara agar akurasi dan kualitas data-data tersebut valid.

“Kami menerima data-data dari sumbernya langsung, kemudian data itu kami olah sehingga saat disampaikan kepada masyarakat sudah valid,” kata Sohadi kepada suarautama.com.

Salah seorang peserta yang mengikuti acara pembinaan dari Pengadilan Agama Simalungun, Dasma Purba, SH, MH mengatakan, BPS sering meminta data-data terkait jumlah perceraian dari PA Simalungun, hal itu sangat berdampak positif bagi masyarakat dan instansi lainnya.

Sejauh ini, menurut Dasma, kerjasama antara BPS dan PA Simalungun terjalin cukup lama, bentuk kerjasama tersebut melalui tukar menukar data-data dan informasi terkait jumlah perceraian dan angka perceraian di Kabupaten Simalungun.

Editor : Mas Andre Hariyanto