CT-ALC: Menjadi Pilar Dalam Mencetak Trainer Profesional untuk Kemajuan Indonesia

SUARA UTAMA, MALANG – Seiring dengan perkembangan teknologi serta tuntutan era globalisasi yang serba terbuka dan transparan membuat penyebaran informasi menjadi sangat cepat. Dalam penyampaian informasi dan pemenuhan kebutuhan wawasan bagi masyarakat maka informasi tersebut harus disampaikan oleh seseorang yang mampu menyampaikan informasi tersebut dengan tepat, akurat dan berimbang.

Dalam memenuhi kebutuhan seorang trainer yang profesional dalam mendidik dan mencetak generasi muda yang haus akan informasi, maka AR-Learning Centre menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) yang bertujuan mencetak trainer yang cakap, cermat, visioner dan profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sejak berdiri tanggal 7 Juni 2020 AR-Learning Centre telah mencetak trainer-trainer yang handal melalui berbagai kegiatan pelatihan (15 kompetensi) yang diselenggarakan baik secara online maupun offline. Pelatihan bagi seorang trainer profesional diselenggarakan melalui program Certified Trainer of AR-Learning Centre (CT.ALC) telah diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 12 – 14 Maret 2022 dengan 2 trainer sekaligus yaitu Coach Mas Andre Hariyanto, C.PS, CF-NLP, C.MST, CT-ALC, selaku Owner AR-Learning Center dan pemateri kedua yakni Dr. (c) Yuan Badrianto, S.Psi, MM, M.Pd, C.HRM, C.PM, CPR, CT-ALC, selaku Associate Trainer Kemenakertrans RI, 6 Internasional Certified & 11 BNSP Certification.

Kegiatan pelatihan CT-ALC diikuti sebanyak 8 peserta di berbagai  wilayah Indonesia mulai dari Bekasi – Jawa Barat, Palangkaraya – Kalimantan Tengah, Makassar – Sulawesi Selatan, Kuburaya – Kalimantan Barat, Semarang – Jawa tengah, Sidoarjo – Jawa Timur, DKI Jakarta, Malang – Jawa Timur, DI Aceh dan DIY.

Pelatihan tersebut merupakan pengayaan yang bersifat adaptif dengan silabus, kurikulum dan model berbasis Kompetensi Program Pelatihan sesuai dengan standart nasional dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagaimana diatur dalam SKKNI maupun sertifikasi BNSP. AR Learning Center mengusung konsep kompetensi, dan kaderisasi sehingga setelah mengikuti kelas pelatihan, peserta akan mendapatkan predikat Non-Akademik Certified Trainer of AR Learning Center (CT-ALC) dan diakui secara legal oleh Kemenkumham Republik Indonesia.

Dengan adanya pelatihan Training Of Trainer (TOT) kali ini, diharapkan dapat membangun dan meningkatkan peranan dan kualitas trainer di seluruh Nusantara dengan berdasarkan attitude, knowledge dan learning. Sehingga para alumni CT-ALC dari AR-Learning Center dapat secara nyata mampu memberi manfaat, berkomitmen membangun bangsa, menjalin korelasi positif, kompetitif dan komprehensif sesuai dengan kompetensinya.

Penulis : Izzur M. Masyhur