Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Magister Ekonomi Syariah IAIN Bukittinggi Mengadakan Pelatihan Penyusunan Tesis

SUARA UTAMA, Bukittinggi – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Magister Ekonomi Syariah IAIN Bukittiinggi mengadakan pelatihan penyusunan Research/Tesis dengan tema “ Memanfaatkan Novelty Ide Research Berbasis Syariah Demi Kemajuan Dunia Akademik”.

Seperti yang disampaikan oleh Sabri Ketua HMPS Magister Ekonomi Syariah dalam sambutannya mengatakan bahwa, Tesis atau disertasi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian mandiri untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat S2 (Magister) atau S3 (Doktor) pada Program Pascasarjana di suatu perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.

Untuk penulisan tesis biasanya perguruan tinggi penyelenggara telah mengeluarkan Petunjuk Penulisan Tesis/disertasi. Namun demikian untuk menulis karya ilmiah secara runtut, mudah dipahami pihak lain dan sesuai dengan tata aturan sebuah karya ilmiah tidak semudah seperti menyampaikan secara lisan.

Banyak juga pengalaman dari mahasiswa Program Pascasarjana yang mampu menyelesaikan teori tepat waktu, dengan nilai yang bagus, namun pada saat menulis tesis/disertasi tersendat-sendat karena bingung apa yang akan ditulis. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan membantu mahasiswa Magister Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukiitinggi dalam menyelesaikan penulisan tesis/disertasi tepat waktu.

Kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh kampus, melalui Ketua Program Studi Bapak Dr. Awaludin., MA. Ketua Prodi mensuport sepenuhnya kegiatan ini dan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh HMPS. Karena organisasi HMPS ini baru pertama dibentuktahun 2022 ini.

Ketua prodi juga berharap dengan keberadaan organisasi HMPS ini bisa menjadi acuan bagi HMPS kedepannya dengan rencana kerja yang tersusun dengan berpedoman kepada Rencana Kerja Kampus maupun Prodi Magister Ekonomi Syariah IAIN Bukittinggi.
Narasumber yang memberikan materi adalah Bapak Dr (Cand) Nasfi., SE., MM., CRBD., MM., M.TR., M.TOT sangat antusias memberikan materi, materi yang disajikan sangat menarik diantaranya adalah mengenai cara menemukan ide tesis, cara mencari referensi, cara mentukan kerangka penelitian dan cara melakukan submit kejurnal bereputasi hasil penelitan.

Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta dari mahasiswa Magiter Ekonomi Syariah yang duduk disemester 2 yang akan menyusun tesis. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Bidang Pelatihan dan Pengembangan (LITBANG) yang diketuai oleh Bapak Muhammad Taufik.

Adapun hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah mahasiswa dapat memahami bagaimana dapat menyelesaikan tesis dengan baik dan cepat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kedepan HMPS juga berencana akan mengadakan pelatihan dengan dengan materi yang lain guna mendukung percepatan penyelesaian studi. 

Editor : Mas Andre Hariyanto