Pembukaan Kegitan Wroshop Oleh Dekan FEBI

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Magister Ekonomi Syariah Mengadakan Worshop Pengolahan Data karya Ilmiah)

SUARA UTAMA, BUKITTINGGI- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Magister Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) SMDD Bukittinggi, pada hari Minggu, 13 November 2022 mengadakan Worshop Pengolahan Data Karya Ilmiah. Acara tersebut bertempat Gedung Madinah Lantai 3.

Acar tersebut dibuka secara langsung oleh Bapak Dr. Iis Izmuddin., MA sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dalam pembukaan, Bapak Dekan memberikan suport secara penuh terhadap penyelanggraan acara dengan tema ” Implementasi Karya Ilmiah Untuk Kemajuan Dunia Pendidikan”  Dalam pembukaan Bapak Dekan juga menyampikan bahawa pengetahuan itu berkembang melalui suatu proses Scientific Research, yang diawali dengan observasi, identifikasi masalah, perumusan kerangka pemikiran, permusan hipotesis, pengujian hipotesis,
pengumpulan data, analisis dan interprestasi data, dan penarikan kesimpulan. Untuk itu silahkan manfaatkan kegiatan ini untuk menambah ilmu pengetahuan tentang penelitian sehingga outputnya nanti diharapkan peserta dapat menghasilkan karya ilmiah yang bisa diterbitkan di jurnal Nasional ataupun jurnal Internasional.

Acara ini juga didukung oleh Bapak Dr. Awaluddin., MA sebagai Ketua Prodi Magister Ekonomi Syariah. Bapak Awaluddin memberikan arahan agar acara ini bisa diagendakan setiap semesternya oleh pengurus HMPS Program Studi Magister Ekonomi Syariah. Kegiatan ini juga merupakan suport terhadap kegiatan Fakultas dalam rangka meningkatkan kemajuan penelitian dan karya ilmiah mahasiswa khusunya mahasiswa Program Magister Ekonomi Syariah.  Bapak Awaluddin berharap untuk pengurus HMPS selanjutnya bisa melanjutkan program kerja yang sudah dibuat oleh pengurus sebelumnya.

Acara worshop ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa dan juga dosen,  acara dikemas sesuai dengan kebutuhan penelitian masing-masing peserta dengan materi pelatihan yang diagendakan mengenai pengenalan variabel penelitian, aplikasi pengolahan data, hasil interprestasi data, pencarian jurnal sebagai bahan referensi serta cara submit jurnal hasil dari penelitian.

Sebagai narasumber adalah Bapak Dr. Alpon Satrianto., SE., ME dosen Program Doktor Ekonomi Universitas Negeri Padang yang sudah berpengalaman dibidang pengolahan data dan submit jurnal penelitian serta sudah banyak memberikan pelatihan-pelatihan diberbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Sabri., SE., MM., CRBD., MM., MT.r sebagai ketua HMPS Program Studi Magister Okonomi Syariah dalam laporannya menyampaikan bahwa acara tersebut diangkat oleh pengurus HMPS periode 2021-2022 yang sudah diagendakan dalam rencana kerja pengurus yang dilantik satu tahun yang lalu. Acara ini diangkat dalam rangka mengakomodir kebutuhan mahasiswa yang akan menyelesaikan karya ilmiah/tesis yang terkendala dalam pengolahan data serta submit kejurnal nasional atau internasional.  Selanjutnya ketua HMPS menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus HMPS Magister Ekonomi Syariah serta seluruh panitia yang sudah mengangkat acara ini dengan baik semoga acara ini menjadi salah satu amal untuk kebaikan dan acara ini diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa.