Himpunan Pengusaha Muda Indonesia D.I. Yogyakarta bantu Bangkitkan Ekonomi Penduduk Semeru dengan Pemberian Bantuan Warung dan UMKM

SUARA UTAMA, LUMAJANG – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Peduli mengelar Kegiatan Bakti Sosial di Dusun Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, (05/02/2022).

Foto: Penyaluran Bantuan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DIY Kepada Warga Gunung Semeru Lumajang/Mas Andre Hariyanto
Foto: Penyaluran Bantuan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DIY Kepada Warga Gunung Semeru Lumajang/Mas Andre Hariyanto

Dalam kesempatan ini, Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI DIY melangsungkan pelepasan relawan sekaligus launching HIPMI DIY PEDULI dalam rangka menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur dengan menggandeng Yayasan Aksi Inspirasi Indonesia (AII). Pelepasan relawan Semeru dipimpin langsung oleh Sekum HIPMI DIY Ridho di kantor BPD HIPMI DIY.

BACA JUGA : Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DIY bantu Korban Terdampak Erupsi Semeru 

“BPD HIPMI DIY melalui unit sosial HIPMI PEDULI ingin berbagi bersama, khususnya kepada korban bencana erupsi,” ujar perwakilan pengurus HIPMI PEDULI, Afran Helmidamara sebagaimana wawancara kepada redaksi suarautama.com.

“Kami ingin menghibur mereka dan memberikan manfaat agar kesedihan cepat berlalu dan bangkit,” tambah bang Jems, demikian ia disapa.

BACA JUGA : Founder AR Learning Center, YPPN DIY, Taklim Jurnalistik: Mas Andre Hariyanto Beri Pesangon Warga Terdampak Korban Erupsi Semeru

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa-Jum’at, 2 – 4 Februari 2022 ini diisi dengan pembagian dan penyaluran bantuan berupa: paket sembako, alat pertanian, bantuan modal usaha serta bantuan berupa barang-barang dalam bentuk grosiran yang dibagikan langsung ke warung-warung dan toko kelontong di sekitar Semeru.

“Ya, Alhamdulillah kami bisa berbagi menyalurkan kepada masyarakat yang patut dibantu akibat erupsi Gunung Semeru kemarin,” kata Taufiq Hidayat selaku Koordinator HIPMI PEDULI DIY.

BACA JUGA : Perjalanan HIPMI, Aksi Inspirasi Indonesia, AR Learning Center Menuju Semeru Lumajang #Part1 

Sebagaimana diketahui, erupsi yang terjadi kurang lebih 2 bulan lalu mengakibatkan banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dan tempat tinggal, selain bantuan dalam bentuk tunai dan kebutuhan pokok sehari-hari, hal yang yang paling dibutuhkan adalah modal usaha dan pemulihan ekonomi untuk jangka panjang.

BACA JUGA : Ukhuwah Kepedulian Semeru: Cerita Cak Mus, Cak Rochmad, HIPMI, AII, Driver Gubeng bersama Mas Andre Hariyanto #Part2

“Kita bisa liat banyak rumah rusak, warung, perkebunan rusak dan jalan yang kurang kondusif, oleh karena itu HIPMI DIY Peduli ingin meringankan dan membantu memulihkan Ekonomi Masyarakat,” jelasnya.

Foto: Penyaluran Bantuan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DIY Kepada Warga Gunung Semeru Lumajang/Mas Andre Hariyanto
Foto: Penyaluran Bantuan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DIY Kepada Warga Gunung Semeru Lumajang/Mas Andre Hariyanto

“Semoga dipercepat penuntasan pemulihan ekonomi, sehingga berjalan seperti sedia kala,” tambahnya.

Diketahui HIPMI adalah wadah kaderisasi bagi para pengusaha menjadi kader pengusaha lokal, daerah, nasional dan internasional. Salah satunya HIPMI Peduli.

“Kaderisasi lebih ke silaturrahmi bersama, semua bisa masuk HIPMI,” terang Helmi, Organisasi Kaderisasi Keanggotaan BPD DIY.

TONTON JUGA : Silaturahmi & Baksos di Semeru, Lumajang Bersama RELAWAN AII dan HIPMI DIY | Part 1

Sementara itu, Ketua Umum HIPMI DIY, Aditya Bima Santosa menambahkan, acara penyaluran ini sebagai wujud nyata kehadiran HIPMI di tengah tengah masyarakat dalam membantu memulihkan ekonomi, kehadiran Relawan HIPMI PEDULI diharapkan mampu memberikan solusi dalam membangkitkan UMKM warga terdampak di sekitar Gunung Semeru.

“Semoga kehadiran HIPMI DIY dapat membantu dalam proses peningkatan perekonomian dan sosial warga sehingga nantinya kehidupan warga dan masyarakat semakin membaik dan gerakan ini bisa terus menerus sehingga tercipta kolaborasi jangka panjang dari stakeholder terkait untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Ketum HIPMI DIY.

Reporter : Mas Andre Hariyanto

Editor : Abu Zhafran