How to Choose a Good Leader (Memilih Pemimpin yang Baik)

Oleh : Waftachul Alim, S.Kep., M.H., C.LA-ALC

How to Choose a Good Leader (Cara memilih Pemimpin yang Baik)LEADER

SUARA UTAMA – Teori yang membahas kepemimpinan sudah banyak dipaparkan oleh para ahli, namun pada implementasi dilapangan sangat susah diterapkan agar tujuan dan cita-cita tercapai ini diakibatkan dari berbagai macam faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhinya baik dari individu itu sendiri atau lingkungannya.

Pemimpin adalah pusat pengendali visi dan misi. Dalam perspektif kehidupan manusia di bumi ini, bahwa manusia terlahir sebagai pemimpin. Ada tiga hal yang paling mendasar dalam memilih pemimpin yang baik yaitu:

  1. Jujur (honest)

    Berucap dan mengemukakan seperti apa yang dilihat, didengar dan dirasakan tanpa menambah atau menguranginya. Kejujuran penting dalam menjalin kepercayaan antar individu yang satu dengan yang lainnya dengan tujuan agar saling adanya keterbukaan.

  1. Adil (Fair)

    Kebijakan atau pilihan yang diambil dengan penuh kehati-hatian dan tanpa mengabaikan rasa kemanusiaan yang setinggi-tingginya sehingga tidak ada yang merasakan cidera atau kerugian dalam keputusan tersebut. Adil berarti tidak berarti sama, maksudnya harus disesuaikan dengan keadaan tertentu dan dikaji dari berbagai aspek.

  1. Bertanggung jawab (responsibilitas

    Setiap pilihan kebijakan apapun, pemimpin akan  bertanggung jawab dan dapat dipertanggungjawabkan dalam hal risk or problem dan bertanggung jawab dalam kesejahteraan masyarakatnya. Bertanggung jawab ini sangat erat hubungannya dengan moral, maka dari itu jangan menjadi pemimpin yang tidak bertanggung jawab dalam hal apapun.

Semoga bermanfaat.

Editor: Mas Andre Hariyanto