LBH Rakyat Indonesia Simalungun Luncurkan Aplikasi One Day One Service

SUARA UTAMA, Simalungun – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rakyat Indonesia Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, melayani masyarakat dengan menggunakan aplikasi one day one service yang telah diluncurkan oleh Pengadilan Agama Simalungun sejak tahun 2021 lalu, program pelayanan itu mulai berlaku pada Senin (21/02/2022) sampai seterusnya.

Ketua LBH Rakyat Indonesia Muhammad Irvan Kurniawan, SH mengatakan, program one day one service yang diluncurkan PA Simalungun dan diunduh dalam aplikasi LBH dan posbakum merupakan awal sebuah perubahan di bidang pelayanan dan bantuan hukum bagi masyarakat. Sebelumnya, para pekerja LBH dan posbakum melayani secara manual, membuat surat gugatan secara manual, melakukan wawancara secara manual sehingga waktu pelayanan kurang efektif.

“Kami menyambut baik program ini, telah disediakan template surat gugatan dan surat permohonan sehingga memudahkan tim LBH melayani masyarakat,” ujar M. Irvan kepada suarautama.com.

Menanggapi pernyataan LBH Rakyat Indonesia tersebut, ketua Tim pembaruan Pengadilan Agama Simalungun Muhammad Zulfikri, SHI, MH menegaskan, saat ini PA Simalungun sedang melakukan beberapa revisi terkait pelayanan terpadu satu pintu di bidang posbakum dan pelayanan hukum, salah satu bentuk pelayanan tersebut ialah pembuatan surat gugatan dan surat permohonan secara aplikatif dan mudah.

“Kami menyediakan aplikasi yang disebut ABT, sebuah aplikasi yang telah terintegrasi dari awal pembuatan surat gugatan di posbakum, pendaftaran surat gugatan hingga proses persidangan dan putusan, data-data Para pihak tersebut sudah terintegrasi, benar dan cepat diinput dalam sistem aplikasi tadi, saat proses pemeriksaan di ruang sidang sudah minim kesalahan, saat majelis hakim membuat putusan semua sudah benar, maksudnya data-data itu sudah sinkron,” papar Zulfikri.

Aplikasi ABT PA Simalungun yang terunduh dalam sistem LBH dan posbakum yang bertempat di PA Simalungun mulai berlaku pekan ini dengan terus menerus dilakukan uji coba (trial and error).