Mahasiswa STAI Pancabudi Perdagangan Ikuti Simulasi Persidangan Cerai

SUARA UTAMA, Simalungun – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pancabudi Perdagangan Sumatera Utara, melakukan praktikum simulasi persidangan di Pengadilan Agama Simalungun, pada Jumat siang (18/02/2022) kemarin. Empat orang mahasiswa tersebut langsung dibimbing oleh Hakim Fri Yosmen, SH.

Para mahasiswa telah menjalani proses magang di kantor PA Simalungun selama satu bulan, di akhir masa magang mereka diberikan materi hukum acara peradilan agama dan langsung praktik bersidang.

Menurut Hakim Fri Yosmen, SH, simulasi persidangan diperlukan dalam rangka memberikan pemahaman praktik kepada para mahasiswa. Sebelumnya, mereka telah diberikan materi hukum acara secara teori.

“Ketika mereka diberikan teori tentang hukum acara PA, sekarang mereka diberikan materi praktik persidangan, antara teori dan praktik sinkron, mereka langsung merasakan simulasi sidang yang sesungguhnya, duduk di meja hakim dan merasakan aura bersidang,” tegas Fri Yosmen kepada suarautama.com.

Setiap tahun PA Simalungun selalu menerima para mahasiswa yang magang dan praktik kerja lapangan, salah satu materi yang diberikan ialah simulasi persidangan. Materi simulasi persidangan diperlukan agar mahasiswa paham cara praktik sidang dan melihat langsung proses persidangan yang sesungguhnya.

Hal itu diakui oleh salah seorang mahasiswa, menurutnya sebuah kebanggaan jika dapat masuk di ruang persidangan yang sesungguhnya.

“Saya merasa bangga bisa duduk di meja hakim, memimpin sidang dan melihat ruang sidang pengadilan, luar biasa,” kata Sri Wahyuni.