Menyambut Ramadhan, DPD Hidayatullah Pangkep Gelar Pengajian Bulanan

SUARA UTAMA, Pangkep – DPD Hidayatullah Pangkep bekerja sama dengan Pengurus Penggiat Sedekah Jariyah, dan MT. Babul Khaer BTP Blok AE Makassar menggelar pengajian bulanan di Gedung Dakwah Ponpes Penghafal Al-Qur’an Pangkep, Ahad, (06/03/2022). 

Pengajian bulanan ini rutin dilaksanakan setiap bulan. Bulan ini dihadiri oleh Ustadz Bachtiar Aras selaku Pemateri, Pengurus, Santri Ponpes Penghafal Al-Qur’an Pangkep, anggota Penggiat Sedekah Jariyah yang diketuai oleh Andi Ernawati, dan Pengurus, serta anggota MT. Babul Khaer BTP Blok AE yang diketuai oleh Hj. Maswati.

BACA JUGA: Ramadhan 2022: AR Learning Center Cabang Kota Bandung Buka Pelatihan CHRA dan Ngabuburit Eksklusif

Tema dari pengajian ini adalah “Langkah Meraih Cinta Ilahi di Bulan Ramadhan” yang dibahas oleh Ustadz Bachtiar Aras, selaku Pemateri dalam pengajian bulan kali ini.

“Kegiatan seperti ini dilakukan untuk ketiga kalinya. Dua kali di Gedung Dakwah Ponpes Pangkep dan baru sekali di Masjid Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Hidayatullah Pangkep. Berharap dapat dilaksanakan kedua kali dan seterusnya di Pondok Pesantren,” kata Hj. Maswati selaku Ketua MT. Babul Khaer dalam sambutannya. 

BACA JUGA: Lulusan AR Learning Center Sabet Rekor MURI Sebagai Penerima Gelar Terbanyak, SEKDA OKU Ucapkan Terima Kasih

“Walaupun jalanan menuju Pondok cukup menegangkan, akan tetapi sesampai di Pondok suasana menjadi lain, sangat sejuk dan indah, karena berada di lembah yg diapit oleh gunung-gunung yang menjulang,” tambahnya.

Selanjutnya, Pemateri pada acara pengajian ini adalah Ustadz Bachtiar Aras. Inti materi yg disampaikan adalah untuk meraih cinta Ilahi di bulan Ramadhan dengan iman, takwa, dan ilmu.

BACA JUGA: Fatahillah Foundation, BMH, dan DPW Hidayatullah DKI Jakarta Sinergi Program IBUQU

Dalam ceramahnya Ustadz Bachtiar Aras mengatakan, ada 5 hal yang harus dilakukan pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, yaitu:

  1. Pelaksanaan shalat tarawih dan shalat sunnah lainnya seperti shalat isyraq yang dilakukan setelah shalat subuh berjamaah di Masjid. Tidak meninggalkan tempat duduknya dengan mengaji, wirid atau mendengarkan majelis ilmu selama 15 menit dan shalat sunnah rawatib 12 rakaat, yaitu: 2 rakaat sebelum shalat subuh, 4 rakaat sebelum dan 2 rakaat setelah shalat dhuhur, 2 rakaat setelah shalat maghrib, dan 2 rakaat setelah shalat isya;
  2. Menghatamkan kitab suci Al-Qur’an;
  3. Perbanyak sedekah;
  4. Melaksanakan umroh;
  5. Melaksanakan i’tikaf 10 malam terakhir bulan suci Ramadhan terutama pada malam-malam ganjil untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Sebagaimana dirilis oleh redaksi suarautama.com, Kamis, (10/03/2022).
Kelas Jurnalistik/Mas Andre Hariyanto-Suara Utama
Kelas Jurnalistik/Mas Andre Hariyanto-Suara Utama

Disela-sela kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan donasi Sedekah Subuh sebesar Rp700.000,- selama bulan Februari.

Editor: Nurana Prasari, S.H