Mubes CAASA 2022, Lantik Ketua Umum Baru

SUARA UTAMA, JAKARTA – Dengan ribuan lulusan Taruna/i, Sekolah Tinggi Maritim “AMI“ mengadakan Musyawarah Besar yang dilaksanakan di Lobby Hotel Santika, Sabtu, (19/03/2022). Dihadiri kurang lebih 100 peserta dengan protokol kesehatan yang ketat dan pengawasan yang cukup, demi terselenggaranya acara yang sempat tertunda selama lebih dari 2 tahun, akibat pandemi COVID-19 di Indonesia. Acara ini mengusung tema “Bersama CAASA, Maritim Kuat Indonesia Hebat“, mengingat lulusan STIMAR “AMI” yang sudah banyak berada di instansi pemerintah dan swasta baik dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA: Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Lantik Direktur Baru, Ini Kata Direkturnya

Adapun agenda dalam Musyawarah Besar ini, yaitu: pembukaan dari alumni senior, para akademisi, laporan kegiatan pengurus periode 2015-2020 yang dipimpin oleh Nurhadi Catra, pembahasan Anggaran Dasar Rumah Tangga, dan pemilihan Ketua baru 2022-2026 untuk melanjutkan kepemimpinan organisasi CAASA, agar lebih baik kedepannya. 

Dalam penyelenggaraannya sangat membatasi peserta yang hadir, disebabkan kondisi COVID-19 yang masih tinggi, terutama wilayah Jakarta, sehingga setiap angkatan alumni dari tahun 1967-2016 diwajibkan mengirim 2 orang untuk mengikuti Musyawarah Besar tersebut. 

Foto: Oprec Tim Redaksi Suara Utama/Suara Utama
Foto: Oprec Tim Redaksi Suara Utama/Suara Utama

Dalam pelaksanaannya tidak hanya dilakukan secara luring, akan tetapi panitia menyediakan fasilitas daring yang dapat diakses secara terbuka oleh seluruh alumni STIMAR “AMI” dengan keterbukaan laporan dan pembahasan AD/ART alumni CAASA, serta dapat berinteraksi secara langsung agar laporan tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara umum. 

BACA JUGA: STIMAR “AMI” Jakarta: Perkuliahan Tatap Muka dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran

“Selain itu, para Calon Ketua juga diperkenalkan secara rinci dan terbuka. Kandidat Calon Ketua CAASA tahun ini, yaitu: I komang Juni Wirawan, Rahmat Wahyudi, dan Lolok Sudjatmiko. Harapannya, para pemilih dapat mengenali para kandidat Calon Ketua baru,” terang salah satu panitia pada suarautama.com

Foto: Pelatihan Sertifikasi C.FLS AR Learning Center/Suara Utama
Foto: Pelatihan Sertifikasi C.FLS AR Learning Center/Suara Utama

Sesuai dengan acara pokok, yaitu: pemilihan Ketua Umum untuk periode 2022-2026 yang menggunakan sistem voting dalam Musyawarah Besar tersebut dimenangkan oleh I komang Juni Wirawan dan ditetapkan secara umum untuk memimpin kepengurusan CAASA selanjutnya. 

Adapun program-program dari Ketua Umum sebelumnya akan diteruskan, diperbaiki dan dikembangkan agar semua lulusan STIMAR “AMI” dapat berkontribusi kembali kepada Almamater STIMAR “AMI” dan menjadi insan yang mempunyai andil besar dalam menciptakan pengangkutan laut Indonesia lebih baik. Sebagaimana dirilis oleh suarautama.com, Senin, (21/03/2022). 

BACA JUGA: Industri Kreatif Mulai Bergairah Kembali Pasca MotoGP Mandalika Digelar

Dengan jumlah lulusan STIMAR “AMI” yang banyak dan tersebar baik di dalam maupun luar negeri, diharapkan mampu meningkatkan insan Pelaut yang handal dan sumber daya manusia yang profesional tinggi, demi kejayaan laut Indonesia yang terus berkembang di kancah dunia. Hal inilah, yang menjadi program pokok Ketua Umum baru untuk meningkatkan kerjasama instansi pemerintah, swasta, dan akademi untuk melahirkan lulusan maritim yang berkualitas dan sesuai dengan pasar kelautan saat ini.

Penulis: Dr. Agung Kwartama, SE., MM., MH

Editor: Nurana Prasari, SH