Muhammad Sholeh Drehem: Masjid Sarana Dakwah Paling Efektif

SUARA UTAMA – Sahabat muslim, jihad lewat medan masjid merupakan sarana perjuangan dan sarana dakwah yang paling efektif, dikarenakan semua umat muslim khususunya selain melangsungkan ibadah, menjadi sebuah tempat silaturahmi antar muslim walaupun itu kadang tak kenal.

“Kalau kita mengingat apa yang terjadi pada awal Rasulullah Alaihi Wassalam membentuk masyarakat madani setelah 13 tahun berdakwah pagi siang malam berbagai macam hambatan, berbagai halangan, ujian fitnah, gesekannya bahkan sahabat akan membunuhnya, tapi dengan kalimat Laa Ilaaha Illallah dibawahnya semuanya menjadi indah,” kutip Ustadz Muhammad Sholeh Drehem, Lc.

Adapun dalam membangun masjid wahai sahabat muslim, kita bisa digambarkan dari jejak Rasulullah Alaihi Wassalam yang dipergunakan sebaik mungkin dalam menggunakan masjid sebagai tempat pernikahan yang sah, benar, masjid sebagai tempat penyelesaian permasalahan umat, berdiskusi keagamaan, belajar membaca al-Qur’an dengan tepat dan ini adalah pertama kalinnya Rasulullah Alaihi Wassalam, bukan membangun kantor, rumah, pada umumnya manusia zaman sekarang.

Salah satu agar tercapai hal tersebut, dibutuhkan memperbanyak lembaga sarjana islam, imam profesional, imam-masjid dan para muadzain maupun marbot. Dan inilah tempat perjuangan yang sebenarnya yang di contohkan Rasulullah Alaihi Wassalam, membangun masjid pertama kalinya dalam langka hidupnya. Membangun masjid, sebagai pusat perabadan islam yang dibangun Rasulullah Alaihi Wassalam.

Wahai sahabat dari pengamatan yang kita liat sesua realita, kita banyak melihat masjid-masjid saat ini, masjidnya dibilang luar biasa, fisiknya indah, cantik, tapi ketika masuk, kering rasannya alias sepi jama’ah dan sedikit yang shalat berjama’ah.

Misal kita tenggok, di negara sebelah agak berbeda dengan sauna Masjid di Gaza, Palestina. Dimana penghuninnya hampir mencintai dan suka datang masjid. Bagi penduduk Gaza, masjid adalah segala-galanya, karena menurutnya, masjid adalah rumah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan tentunya kita akan dijagannya, inilah tugas kita.

Sungguh peran mereka luar biasa, patut di acungi jempol, dahsyatnya jama’ah sana, sehingga Gaza selalu dilindungi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam tekanan Israel. Dan sudah menjadi sebuah keharusan bagi umat Islam untuk sigap dalam masalah shalat Subuh utamannya, jangan molor, atau telat bangun, lebih ironis lagi tidak mau shalat berjama’ah di masjid.

“Masjid merupakan masa depan kita, masjid rumah bagi orang yang bertakwa,” ucap Ketua IKADI (Ikatan Dai Indonesia) Jawa Timur.

Reporter: Mas Andre Hariyanto

Editor: Saathir Mustaqim