PA Simalungun Sumatera Utara Gelar Sidang Keliling di Dua Kecamatan Besar

SUARA UTAMA, Simalungun – Pengadilan Agama Simalungun mengadakan sidang di luar gedung pengadilan atau sidang keliling di dua kecamatan besar di Kabupaten Simalungun, dua kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Bosar Maligas dan Kecamatan Bandar Perdagangan. Kedua kecamatan tersebut berada di Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara.

Sidang keliling yang diadakan PA Simalungun telah berjalan sejak awal Februari 2022 lalu dan akan berakhir pada pertengahan November 2022 mendatang. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor pengadilan agama yang relatif jauh dari dua kecamatan tersebut.

BACA JUGA : BPS Kab. Simalungun SUMUT Komitmen Perbarui Data Setiap Tahun

Menurut Ketua PA Simalungun Sri Hartati, SHI, MH, program sidang keliling telah berjalan setiap tahunnya, selain perintah dari Mahkamah Agung yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan, anggaran pun tersedia.

“Sidang di luar gedung pengadilan atau sering dikenal sidang keliling telah diatur dalam Perma, kemudian tersedia anggaran dalam DIPA satuan kerja masing-masing, sudah sepantasnya kita manfaatkan dalam rangka melayani masyarakat pencari keadilan yang jangkauan wilayahnya jauh ke kota,” tegas Hartati kepada suarautama.com.

BACA JUGA : Temukan Bakatmu di SMK Bina Wisata, Alumni: Andre Hariyanto Sebut Sekolah Enterpreneur Terbaik di Blitar

Lebih lanjut Ketua PA Simalungun menegaskan, banyak manfaat dirasakan oleh masyarakat dengan hadirnya sidang keliling ini, salah satunya jarak dan ongkos ke ruang sidang yang murah. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena jarak antara rumah dan tempat sidang sangat dekat, bahkan ada yang hanya berjalan kaki saja.

Saat dihubungi suarautama.com di lokasi sidang keliling, salah seorang pengunjung sidang bernama Sitorus mengakui, kehadiran PA Simalungun di kecamatan Bosar Maligas dan kecamatan Bandar Perdagangan memuaskan mereka. Program sidang keliling di dua kecamatan itu sangat membantu masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Bosar Maligas, menurut Hasibuan program sidang keliling yang diselenggarakan oleh PA Simalungun sangat membantu masyarakat dan lembaga keagamaan Islam setempat.

Editor : Mas Andre Hariyanto