PEMRED Suara Utama Berbagi ilmu kepada Mahasiswa Universitas Lampung

SUARA UTAMA, LAMPUNG – Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung menggelar Webinar Jurnalistik Milenial (Jurnal) bersama Komunitas Taklim Jurnalistik – Taktik Community.

Webinar itu dihadiri ratusan peserta melalui Google Meet dan maupun yang menonton siaran langsung di YouTube Himasylva dengan tema “Meningkatkan Kreativitas Jurnalistik Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan”.

Foto: Suasana Webinar Jurnalistik Milenial (Jurnal) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung/Mas Andre Hariyanto
Foto: Suasana Webinar Jurnalistik Milenial (Jurnal) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung/Mas Andre Hariyanto

Acara ini diawali dengan sambutan Dr Arief Darmawan SHut, MSc sebagai dosen kemahasiswaan dan Susni Herwanti SHut, MSi selaku sekretaris Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (Unila).

Narasumber webinar jurnalistik itu Mas Andre Hariyanto. Ia Owner AR Learning Center, dan juga Direktur Utama Taklim Jurnalistik Group.

Dalam kesempatan tersebut, ia berbagi ilmu dan pengalamannya, seperti bagaimana peran media massa pada saat ini yang kekuatannya sangat besar dalam masyarakat khusus nya dalam memberikan opini publik. Ia juga mengemukakan, untuk menjadi jurnalis harus tetap tabayyun, tidak boleh memihak mana pun.

“Menulis berita itu harus memperhatikan tiga unsur berita yaitu judul, lead (teras berita) dan batang tubuh beritanya.  Rumus penulisan berita adalah 5W1H (what, where, who, when, why, dan how). Adapun metode penulisannya piramida terbalik (bagian yang penting ditaroh di sebelah atas),” jelasnya dalam rilis yang diterima suarautama.com pada, Senin (10/01/2022).

Pelatihan online ini berjalan baik dan lancar. Para peserta juga sangat antusias saat sesi diskusi dan tanya jawab dengan melontarkan berbagai pertanyaan yang menarik saat diskusi.

Kepada peserta pelatihan, panitia memberikan tugas untuk membuat berita dengan tema yang telah berikan. Pembuatan berita dilakukan secara berkelompok. Panitia memilih tiga berita terbaik terbaik dan penulisnya mendapatkan hadiah.

Kegiatan tersebut telah berjalan pada Ahad (26/7/2020) dua tahun lalu bersama Mas Andre Hariyanto selaku Owner Lembaga AR Learning Center, Founder Taklim Jurnalistik, Ketua Pembina Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara, dan Pedagang Angkringan Si Ndut Prambanan Jogja. Dan Reportase ini juga telah terbit di Republika.co.id (Red; Baca) Universitas Lampung Gelar Webinar Jurnal.

 

Reporter: A.Rahmat

Editor: Rahmatullah Rahman