Perkebunan Teh Sidamanik Diharapkan Menjadi Wisata Kaum YouTuber

SUARA UTAMA, Simalungun – Petani di Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara menafkahi keluarga mereka dengan menanam, menuai dan menjual teh alami, kebun teh ternyata tidak hanya terdapat di kawasan puncak Bogor atau Pagaralam Sumatera Selatan, namun di kawasan danau toba pun ada.

Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara merupakan kawasan penghasil teh alami, mulai dari teh hijau, teh celup dan teh saring. Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang petani teh Sidamanik Br. Saragih, ia sehari-hari bekerja di kawasan perkebunan teh milik PTPN IV Sumatera Utara.

“Kami makan dan minum dari perkebunan ini, kami menjadi petani teh sejak turun menurun, kakek nenek kami,” tegasnya kepada suarautama.com.

Pantauan wartawan suarautama.com di lapangan, perkebunan teh di Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun terbentang luas, bahkan hingga di pinggiran danau toba Sumatera Utara. Kawasan bukit nan hijau tersebut dijadikan objek wisata selfie bagi masyarakat sekitar danau toba dan wisatawan lokal.

Menurut Aminah br. Lubis, salah seorang pengunjung yang sering membuat content YouTube di perkebunan teh itu, perkebunan teh Sidamanik layak dijadikan tujuan wisata selfie dan wisata sehat. Bahkan, ia menghimbau Kementerian Pariwisata melestarikan perkebunan itu dan melaporkan kepada Menteri Pariwisata agar perkebunan teh Sidamanik dinobatkan menjadi wisata selfie masyarakat Indonesia.

“Laporkan kepada bapak Menteri Sandi Uno agar perkebunan teh Sidamanik dijadikan wisata selfie dan YouTuber,” ujarnya.