Koperasi Pegawai Republik Indonesia RSUD Kabupaten Agam Gelar Rapat Anggota Tahunan 2021

SUARA UTAMA, AGAM – Rapat anggota tahunan atau disingkat dengan RAT adalah merupakan suatu agenda wajib yang dilaksanakan Oleh koperasi, karena tujuan daripada rapat tersebut adalah untuk melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pengurus dalam satu tahun kegiatan yaitu dari bulkan januari sampai dengan bulan Desember.

Menurut pantuan jurnalis suarautama.com, saat bertugas, dalam rapat tersebut akan disampaikan beberapa progress atau laporan kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh pengurus koperasi tersebut, sekaligus dalam rapat ini diadakan sesi Tanya jawab, mengusulkan maupun memberi saran dari peserta yang seluruhnya adalah Anggota.


Dalam kontek koperasi, apapun bentuk koperasinya baik, koperasi simpan pinjam, koperasi jasa dan koperasi produsen,keberadaan RAT ini adalah sangat penting, karena kekuasaan tertinggi pengambilan keputusan berada dalam Forum RAT ini dimana pelaksanaannya diatur dalam Anggaran Dasar koperasi itu sendiri. Hal ini juga mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang ada diindonesia, khusus koperasi.

Dalam undang-undang republik Indonesia no 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian khususnya didalam Bab VI pasal 30 telah mengamanatkan bahwa pengurus mempunyai tugas untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban tentang pelaksanaan tugas yang diberikan oleh para Anggota pada rapat anggota tahunan.

Dalam hal memutuskan suatu kebijakan yang akan dilaksanakan oleh pengurus maka Keputusan dikoperasi diambil secara musyawarah dan mufakat dalam rapat anggota, dan apabila tidak tercapai kesepakatan maka akan dilakukan berdasarkan suara terbanyak melalui Voting.


Pada tanggal 5 Maret 2020, telah diadakan rapat Anggota Tahunan koperasi KPRI-RSUD Lubuk Basung Kab. Agam bertempat di Aula Utama Bappeda Kabupaten Agam, dalam acara tersebut dihadiri Oleh Kepala dinas perindustrian perdagangan Koperasi dan UKM ( Perindagkop ) kabupaten Agam, Direktur Rumah sakit Umum daerah ( RSUD ) Lubuk basung Muhammad Iswon, DCN,MPH sebagai Pembina dari Koperasi tersebut, juga Hadir dalam rapat ini dari Unsur Pimpinan Dekopinda Agam, Usman SKM, MM, Seluruh pengurus dan pengawas koperasi, dan yang tak kalah penting juga hadir Dewan Pengawas Syariah ( DPS ) KPRI RSUD lubuk basung ini.

Dalam kata sambutannya Dinas koperasi menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Agam saat ini sampai Akhir tahun 2021 kemaren ada sebanyak 223 koperasi yang terdaftar di Dinas koperasi Agam dan koperasi yang aktif ada sekitar 140 an koperasi, dari sejumlah koperasi yang aktif tersebut 70% sudah menyampaikan keinginan dan sebagian sudah melakukan konversi / berubah dari system Konvensional ke system Syariah.

Koperasi Pegawai RSUD sendiri dalam hal ini juga telah melakukan konversi / perubahan dari system konvensional ke system syariah sejak tahun 2019 dan dalam tahun 2022 ini direncanakan penyempurnaan izinnya dengan mendaftrkan secara resmi ke kemenkumham melalui Notaris setelah disetujui Oleh semua Anggota pada RAT Akhir tahun 2019 lalu, dalam laporan pengurus Asset koperasi sampai akhir tahun 2021 kemaren adalah sebesar 12.520.368.747 dengan beberapa jenis usaha yaitu simpan pinjam pola syariah, usaha penjualan kapling tanah, Usaha sewa ruangan Waserda dan Apotik pelengkap RSUD lubuk basung, jumlah Anggota koperasi ini sampai Akhir tahun 2021 kemaren berjumlah sebanyak 250 orang anggota, dimana diantara jumlah anggota tersebut terdiri dari pegawai Rumah sakit dengan status PNS/ CPNS yang bekerja dirumah sakit , Pegawai tidak tetap ( PTT ) dan Tenaga kontrak di RSUD tersebut juga keanggotaannya terbuka bagi Suami/ Istri/ orang tua anggota yang telah menjadi anggota Sebelum diubahnya anggaran dasar koperasi tentang syarat menjadi anggota koperasi baru adalah PNS/ CPNS yang bekerjad dilingkungan RSUD Lubuk basung.

Dalam usaha simpan pinjam dengan Pola syariah ini disampaikan Oleh Dewan pengawas Syariah (DPS),Muhammad Taufik,SE bahwa pelaksanaan Operasional koperasi ini sudah mengacu kepada aturan-aturan yang dikeluarkan oleh DSN-MUI, bahwa pelaksanaan seluruh akad-akad pembiayaan yang dilakukan antara koperasi dengan Anggota sudah memenuhi syarat dan rukun standar system syariah.


“Untuk standar koperasi dengan pola syariah, koperasi KPRI –RSUD ini merupakan salah satu koperasi terbaik dalam melaksanakan pola syariah, pengurus dan pengelola cukup teliti dan taat dalam menjalankan system dan teknis pola-pola syariah, sehingga tercapai rukun dan syarat  dalam setiap transaksi pembiayaannya, demikian disampaikan Oleh Muhammad Taufik, SE selaku DPS dikoperasi tersebut sebagaimana dihimpun redaksi suarautama.com, Rabu (16/03/2022).

Dalam kegiatan Rapat Anggota ini Ketua KPRI-RSUD Lubuk Basung ( Whendy Afif, Amd. Rad ) juga menyampaikan dan mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak baik Dinas koperasi dan UKM Kab.Agam yang telah memberikan binaan dan bimbingan kepada koperasi KPRI-RSUD ini, juga kepada Dekopinda ( Dewan Koperasi daerah) Kabupaten Agam yang turut mendukung dan mendorong bagaimana usaha-usaha koperasi ini akan lebih berkembang dimasa yang akan datang, juga kepada seluruh pengurus dan karyawan, karena berkat kerjasamanya koperasi ini bisa sukses dalam melaksanakan usaha-usahanya dalam tahun 2021 ini, disampaikan bahwa Untuk tahun 2021 ini, koperasi mendapatkan SHU sebesar Rp. 1.026.989.945, kemudian dari pendapatan tersebut dikeluarkan beban dari masing-masing unit usaha dan kantor pusat dimana diantaranya adalah untuk pembayaran THR, pembelian souvenir, Biaya RAT, jasa tabungan anggota, gaji karyawan , uang jasa pengurus, pengawas termasuk dewan pengawas syariah, Pembina dan biaya umum lainnya sebesar Rp. 650.064.704, Pernyataan dari ketua Pengurus ini juga di Aminkan Oleh Lidya Susanti, SKM selaku Sekretaris Koperasi Pegawai RSUD Lubuk Basung ini.

Rapat anggota tahunan ini juga didukung dan disponsori oleh kantor cabang bank yang ada didaerah lubuk basung diantaranya oleh Bank Nagari, BRI, BNI dan BSI, dimana dalam kegiatan Rapat anggota tahunan ini bank-bank tersebut mengirimkan Beberapa doorprize / Hadiah untuk anggota yang nanti nya akan diundi dalam sesi acara demi meriahnya Acara RAT Koperasi pegawai RSUD tersebut.

Editor : Mas Andre Hariyanto