Ratusan Santri Kulliyyatul Muallimin wal-Muallimat al-Islamiyyah Pesantren Darul Abrar Bone Ikuti Ujian Tulis Semester Genap

SUARA UTAMA, MAKASSAR – Kulliyyatul Muallimin wal-Muallimat al-Islamiyyah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan di Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar melaksanakan ujian tulis akhir semester. Ujian ini dimulai pada tanggal 12 maret 2022 dan akan berlangsung selama 10 hari yang akan berakhir pada tanggal 22 maret 2022.

Sebanyak ratusan santri dan santriwati mengikuti ujian yang menjadi penentu kelulusan santri ini. Hadir dalam acara pembukaan Pimpinan Pesantren Ust Dr Muttaqien Said, M.A., dalam arahannya beliau menyampaikan pentingnya memiliki sifat jujur dalam menjawab soal-soal ujian sehingga dapat menghasilkan jawaban yang berkualitas baik dari materi maupun moral.

“anak-anakku perlu ditekankan bahwa nilai kejujuran dalam menjawab soal-soal merupakan nilai yang tidak dapat tergantikan dari nilai tinggi manapun, kejujuran merupakan poin penting dalam menjawab soal-soal sebab dengan ujian kita dapat menilai seseorang dipandang hina atau mulia,” jelasnya sebagaimana keterangan yang didapatkan oleh suarautama.com, Sabtu, (12/03/2022).

Ditemui ditempat lain, salah satu panitia ujian Zul Amri, S.H., mengatakan bahwa ujian kali ini merupakan tahapan akhir dari banyak rangkaian ujian yang harus dijalani oleh seluruh santri dan santriwati.

“ujian ini merupakan tahap akhir dari banyak proses ujian, mulai dari ujian pelajaran siang, ujian hafalan al-Qur’an, ujian hafalan Hadis, ujian lisan bahasa arab dan inggris kemudian ditutup dengan ujian tulis, begitulah sistem ujian kami disini,” ungkap guru yang juga pemain futsal ini.

Informasi tambahan bahwa Kulliyyatul Muallimin wal-Muallimat al-Islamiyyah merupakan sistem pendidikan enam tahun yang berasal dari kurikulum di Pondok Modern Gontor Ponorogo.

Kurikulum tersebut diadopsi dan dimodifikasi kemudian itulah yang diterapkan di Darul Abrar yang merupakan pesantren alumni gontor dan menerapkan program tahfiz al-Quran yang telah berdiri sejak tahun 1997 berlokasi di Desa Balle Kecamatan Kahu Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Editor : Mas Andre Hariyanto