Sekolah Dasar Lingkup Desa Bulu-Bulu Antusias Ikuti Festival Permainan Tradisional Yang diadakan Oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Angkatan XXVII IAIM Sinjai

SUARA UTAMA-Sulawesi Selatan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Angkatan XXVII kembali melanjutkan program kerja yang telah disusunnya. Kali ini program kerja yang dikerjakan adalah mengadakan Festival Permainan Tradisional tingkat sekolah dasar dalam lingkup Desa Bulu-Bulu Kabupaten Bone. Kegiatan ini diadakan pada sabtu 12 maret 2022 yang berlokasi di Sekolah Dasar Negeri 246 Bulu-Bulu dengan jumlah peserta sebanyak 30 peserta. Kegiatan ini diadakan selain sebagai pelaksanaan program kerja juga sengaja dipilih dikarenakan banyaknya permainan online yang mengganggu pikiran anak-anak dan kemudian berpengaruh pada konsentrasi belajar siswa.

Saat dihubungi melalui saluran telepon, penanggung jawab kegiatan Robbi Arsyadani mengatakan bahwa pentingnya kita kembali memperkenalkan permainan tradisional ini kepada siswa sehingga tidak terkontaminasi dengan permainan online yang memiliki banyak mudharat. “Saya berharap agar siswa/i mengenal permainan tradisional yang bisa dikatakan sudah hampir punah gara-gara zaman yang sudah berkembang dan maraknya permainan online ataupun offline.” Sebagaimana keterangan yang didapatkan oleh suarautama.com, Minggu, (13/03/2022).

Dalam kesempatan ini selain mahasiswa dan siswa sekolah dasar sebagai peserta, hadir pula Kepala Sekolah SDN 246 Bulu-Bulu St.Nurjannah S.Pd.SD yang juga membuka kegiatan ini dengan resmi. Dalam sambutannya ia menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa yang telah membuat kegiatan ini. “saya berterimakasih kepada panitia penyelenggara kegiatan yang telah berupaya keras dalam berjalannya kegiatan ini” jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir pula peserta dari sekolah dasar lain, diantaranya SD inpres 5/81 Bulu-bulu dan SD inpres 10/73 Bulu-bulu. Adapun jenis-jenis permainan yang dilombakan adalah diantaranya balap karung, lari kelereng, bendi, massallo. Berjalannya kegiatan ini tentu telah mendapatkan izin dari pemerintah setempat sehingga kegiatan selama satu hari ini berlangsung dengan lancar.