Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) Uzlifatul Jannah Leuwayan Bangun Karakter Anak Sejak Dini

SUARA UTAMA-LEMBATA, Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan penunjang pendidikan agama pada lembaga pendidikan formal Untuk Itu, Taman Pendidikan Al Qur’an diselenggarakan pada siang atau sore hari. Begitu juga yang dilakukan di Desa Leuwayan Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata. TPQ yang berdiri sejak 11 Agustus 2020 ini diberi nama Uzlifatul Jannah yang bertempat di Desa Leuwayan ini juga melaksanakan kegiatan pembelajaran pada sore hari setelah Shalat Ashar. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di TPQ Uzlifatul Jannah ini merupakan upaya untuk mengajarkan anak-anak agar mampu mengetahui baca tulis al-Qur’an selain itu juga mengajarkan kepada anak-anak untuk mengetahui Ajaran Islam lebih mendalam.

Saat dihubungi, Abdurrahman, S.Pd pendiri serta pembina TPQ Uzlifatul Jannah Beliau mengatakan bahwa Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu pendidikan yang tepat dan membawa misi penting untuk anak-anak dalam  mengajarkan Al-Qur’an serta nilai-nilai ajaran Islam sejak dini sehingga terbentuk generasi muda yg Islami. Membangun pendidikan anak tidak Hanya dilakukan melalui jalur formal tapi harus di imbangi dengan pendidikan keagamaan sejak usia dini. “TPQ Uzlifatul Jannah ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan baik untuk dikembangkan lebih besar, untuk itu saya mengajak kepada seluruh pihak untuk ikut membangun bersama terutama pemerintah kabupaten”. Ujarnya. TPQ Uzlifatul Jannah yg Berada Di desa Leuwayan ini masih melakukan aktivitas pembelajaran didalam mesjid hal ini disebabkan belum mempunyai gedung atau tempat mengaji sendiri.

Seperti diketahui bahwa Kabupaten Lembata merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tentu dengan potensi alam dan pariwisata yang dimiliki keberadaan TPQ Uzlifatul Jannah diprediksi akan berkembang cepat dan terutama mampu memberikan kontribusi tinggi terhadap perkembangan daerah.