Wapemred Suara Utama Ikuti Seleksi Tim Pengembangan Internasional MA

SUARA UTAMA, Medan – Wakil Pemimpin Redaksi suarautama.com mengikuti webinar program pengembangan internasional Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung pada Jumat pagi (28/01/2022). Sesuai visi dan misi Badilag 2024, akan menjadikan seluruh peradilan agama di Indonesia berkelas dunia.

Untuk mewujudkan program tersebut, Badilag membutuhkan tim kerja yang mahir berbahasa asing, baik berbahasa Inggris maupun berbahasa Arab. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini wakil pemimpin redaksi suarautama.com mengikuti program tersebut.

Menurut Alimuddin, ke depan sudah sepantasnya seluruh lembaga peradilan di Indonesia menggunakan bahasa asing dalam berkomunikasi, apalagi di sebagian wilayah ada pihak yang berperkara berasal dari negara luar.

“Seperti di Tahuna atau Jayapura, ada pihak-pihak yang mengajukan perkara di pengadilan orang asing, jika para hakim atau aparatur pengadilan tidak mampu berbahasa asing, repot,” ungkapnya sebagaimana laporan dirilis dapur redaksi Suara Utama.

Senada dengan hal itu, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badilag mengungkapkan, program ini bertujuan untuk merekrut tim teknis yang menguasai Bahasa asing, selanjutnya jika terpilih akan merumuskan program-program kerja bertaraf internasional.

“Jika memungkinkan akan dirumuskan proposal kerjasama internasional, seperti studi banding ke negara eropa, mengelola website Bahasa asing dan diskusi terkait hukum berbahasa asing,” kata Dr. H. Candra Boy Seroza.

Badilag adalah direktorat yang menjalankan tugas pokok dan fungsi lembaga Mahkamah Agung di lingkungan peradilan agama, secara struktural Badilag di bawah Sekretariat Mahkamah Agung dan salah satu program kerjanya ialah bidang pengembangan SDM yang mahir berbahasa asing.

Editor : Mas Andre Hariyanto